Thursday, April 17, 2014

10 Jawaban Konyol Soal Ujian Ini Jangan Ditiru!

Mulai hari Senin, 14 April lalu para siswa tingkat akhir di SMA berjibaku untuk penentuan pendidikan mereka dengan mengikuti Ujian Nasional selama tiga hari sampai Rabu (16/4) hari ini. Setelah itu, giliran siswa tingkat akhir di SMP pada 5-8 Mei dan ditutup dengan Ujian Nasional siswa tingkat akhir di SD pada 19-21 Mei nanti.

Kalau bicara soal Ujian Nasional memang identik dengan kesan serius. Tapi ada lho orang-orang yang menjawab soal ujian itu dengan super konyol dan seenak mereka sendiri. Bahkan mungkin bisa membuat guru dan kamu ikutan tertawa. Dilansir berbagai sumber, ini beberapa di antaranya dan awas jangan ditiru saal Ujian Nasional ya adik-adik, Selamat Ujian Nasional 2014!

 

1. Dia Jelek, Bu

Ini adalah soal ujian untuk siswa SD. Sebetulnya sih si siswa diharuskan menjawab apa yang sedang dilakukan obyek yang ada dalam soal bergambar. Jadinya dalam soal ujian nomor dua ini murid harus memilih apakah obyek dalam gambar sedang sedih atau senang saat dia terjatuh dari sepeda. Jika normalnya, jawaban adalah sedih. Namun tidak bagi siswa bernama Judy ini.

Entah kenapa, mungkin karena si Judy benci dengan wajah dalam gambar soal itu, alih-alih memilih bocah lelaki itu sedih atau senang jatuh dari sepeda, Judy menulis kalau si bocah itu JELEK. Memang sih gambarnya jelek, tapi gak gitu juga kali Jud...

 

2. Segitiga Sama Kaki Kan?

Soal ujian untuk para siswa SD tentunya memang seharusnya yang mudah dan tidak melibatkan hitungan matematika super sulit. Karena itu kerap kali kamu akan melihat soal-soal ujian siswa SD berupa gambar. Seperti soal ujian kali ini, di mana si murid diharuskan menggambar bangun Segitiga Sama Kaki.

Dan mungkin karena si murid kelewat pintar atau soalnya yang ambigu, alih-alih dia menggambar bangun Segitiga Sama Kaki, dia malah mengambar bangun SEGITIGA dan sebuah KAKI di sebelahnya. Benar kan? Ya, benar juga sih, hanya... 

3. Disuruh Dijabarkan

Salah satu pelajaran yang banyak tidak disukai orang adalah Matematika. Dan salah satu materi pelajaran Matematika yang menyebalkan adalah mengenai Aljabar yang menuntut kamu untuk bisa menjelaskan sebuah penjabaran dari rumus Materimatika seperti persamaan salah satunya. Jika kamu tak suka, maka kamu tak sendiri.

Siswa yang satu ini sepertinya juga tak suka dengan Aljabar. Di mana dia disuruh penjabarkan persamaan soal 2(a+b) kuadrat. Yang bukannya dijawab dengan rumus Matemarika, dia malah menulis soal itu dengan memberi jarak dalam setiap huruf dan angkanya. Yah, kan maksudnya dijabarkan kan? Ya dilebarkan dong ya.


 

4. Bu Guru Tak Boleh Baca

Bagi banyak siswa, ujian memang menjadi momen yang begitu menentukan. Menentukan bagaimana nasib pendidikan mereka apakah bisa lulus dan lanjut atau harus gagal dan mengulang. Karena itu, ketika masa ujian tiba, semua siswa akan belajar giat dan bisa menjawab soal dengan maksimal. Tapi, bagaimana kalau tetap tak bisa menjawab soal?

Jangan sedih dulu. Tetaplah kendalikan pikiranmu dengan tenang. Jika kamu tak bisa menjawabnya, lebih baik jangan biarkan guru mengetahui jawabanmu. Ya, seperti yang dilakukan siswa ini. Dia malah menutup jawaban soalnya dengan gamber kertas bertuliskan 'RAHASIA' dan gambar kopi tumpah. Eits, jangan ditiru saat ujian nanti ya!

 

5. Bangun Ruang Pac-Man

Salah satu materi dasar Matematika adalah pengenalan akan yang namanya bangun ruang. Semenjak SD, tentu saja dong kamu harus tahu nama bangun ruang seperti Kubus, Balok, Kerucut, Prisma dan teman-temannya. Tapi yang namanya manusia kerap kali apa yang sudah dipelajari itu hilang dan menjadi lupa. Seperti siswa yang satu ini.

Disuruh menjelaskan apa nama bangun ruang dalam soal, dia malah menjawabnya PAC-MAN. Ya iya sih Pac-Man bentuknya memang seperti ini. Tapi mungkin gurumu tak akan setuju dengan jawabanmu. Dia cerdas kah?

 

 

6. Hakuna Matata Kimia

Saat kamu duduk di bangku SMA, kamu akan mempelajari lebih dalam lagi soal pelajaran Kimia. Nantinya kamu akan dikenalkan dengan tata cara penulisan unsur senyawa semisal Oksigen atau Karbondioksida. Tak hanya itu saja, kamu harus bisa menjelaskan rumus Kimia ketika dua senyawa atau lebih dijumlahkan atau dikurangi.

Hanya saja, karena sangat banyak dan rumit sekali soal Kimia itu ditulis dalam huruf dan angka, siswa ini memilih menjawabnya dengan imajinasi dia sendiri. Saat dia melihat unsur kimia HCOONa (Sodium Formate), sang siswa justru menjawabnya dengan Matata. Hakuna Matata. Terlalu banyak menonton Lion King sepertinya.

 

 

7. Beri Nama Bangunannya

Kamu pasti pernah menjawab soal Matematika SD seperti ini, 'Berilah nama pada bangun-bangun datar berikut ini'. Jika kamu memang sedang fokus dalam pelajaran, kamu akan menjawabnya dengan Persegi, Jajaran Genjang, Trapesium dan Persegi Panjang. Namun siswa ini sepertinya memang tidak fokus.

Ketika disuruh memberi nama pada bangun datar, dia benar-benar memberi nama pada bangun-bangun tersebut dengan Bob, Sam, Tedison, Cate dan Hary. Benarkan disuruh memberi nama? Iya juga sih.

 

 

8. Tulis Atau, Salah ya?

Bilangan desimal menjadi materi pelajaran Matematika yang juga harus dipahami oleh para siswa saat SD dan SMP nantinya. Kamu harus bisa membedakan sebuah bilangan desimal lebih besar atau lebih kecil. Dan dalam Matematika, istilah lebih kecil ditulis dengan (<) dan lebih besar dengan (>). Tentunya kamu ingat soal itu.

Tapi pelajar ini sepertinya lupa maksudnya. Saat ada soal yang menyuruh 'Tulis < atau >', dia mengira yang ditulis adalah kata 'Atau' bukan istilah (<) dan (>). Nah lhoh, siapa yang bingung dong?

9. Hafal Lirik Lagu

Semua orang suka dengan lagu. Jika seseorang suka dengan sebuah lagu, maka dia akan menghafalkan lagu itu dan liriknya serta menyanyikan kapanpun dia mau termasuk saat sedang ujian. Siswa ini tentunya berbuat begitu. Saat dia mendapat soal 'Apakah cinta itu' dia malah menjawabnya dengan kalimat 'Baby Don't Hurt Me, Don't Hurt Me No More'.

Jika kamu tak paham, sebetulnya kalimat itu adalah lirik dari lagu dance populer yang rilis tahun 1993 silam milik penyanyi bernama Haddaway berjudul What is Love. Nah, lagu bisa membantumu juga ternyata saat ujian!

 

 

10. Kenapa Saturnus Punya Cincin?

Satu hal yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan saat kamu sedang tak bisa menjawab soal ujian adalah cobalah tetap tenang dan gunakan imajinasi kamu sampai batas maksimal. Hal itulah yang dilakukan oleh siswa ini saat sedang ujian dan kesulitan mengerjakan soal pelajaran IPA/Sains. 

Di mana soal bertuliskan 'Kenapa planet Saturnus memiliki cincin?' Alih-alih menjawab dengan menjelaskan mengenai pembentukan kristal es di sekeliling Saturnus, sang siswa menjawabnya dengan 'Karena Tuhan mencintai Saturnus. Jadi dia memberikan cincin'. Sungguh Terlalu.




sumber : kapanlagi.com