Wednesday, October 25, 2017

candi ngempon, candi dekat sawah


selamat pagi menuju siang gaesss
kali ini kami mau berbagi tentang candi yak. jadi, candi  ini sebenarnya udah eksis lama di kabupaten semarang. tapi, bisa jadi teman-teman yang stay di Semarang belum pernah kesini (kaya saya yang baru tau setelah diceritain seseorang).

oke dehhh......
kita lanjut lagi yak hehe
mengutip tulisan dari Wikipedia tentang candi ngempon ini juga disebut dengan candi muncul, yang mana merupakan salah satu candi Hindu. asal muasalnya candi ini ditemuin sama seorang bapak-bapa yang namanya pak Kasri pada tahun 1952. jadi, pak Kasri ini nemuin candi pas dia nyangkul. asik-asik nyangkul malah paculnya nyandung batu, terus dibuka deh isinya batuan andesit polos yang ukurannya 40 m2. waktu digali-gali lagi ditemuin deh batu-batuab lainnya, kaya batu ganesha, durna sama ninda.

Sebenernya saat ini aslinya terdapat 9 pondasi candi, tapi baru 4 yang klihatan bangunannya gaes karena longsoran tanah jadi bubrah deh. makannya, lokasi candi ini berada di sekitgar sawah gaes, ya karena memang berada dilereng terus kena longsor dan warga sekita jadiin tempat ini sawah. selain itu juga didekat candi ini ada pemandian air panas lawas loh gaess....malah menurut tulisan di wikipedia juga ini pemandian kuno yang layak untuk dikunjungin bareng keluarga. 

nahh...
setelah udah tau story candinya diatas yuk liat foto-foto kita dibawah ini yang ngak bagus hehe







setelah melihat foto-foto gmna gaes, pengin kesana ngak?
nahhh, kalo kalian mau kesana gampang kok aksesnya gaes, kalo dari semarang ya tinggal menuju daerah karangjati aja. kalo udah daerah karang jati ntar ketemu pasar karangjati yang mana posisi pasar ini dipinggir jalan utama semarang-solo/jogja. nahhh, tepat disamping pasar itu ada jalan yaudah ikutin aja jalan itu sekitar 2km ntar sampe kok gaes. bisa juga dari pasar karangjati kalian maju aja lurus terus gaes, sekitar 1km ntar ada simpang kekiri yk tapi kalo dari simpang ini ndak ada fasilitas kalo weekday loh jadi bahaya kendaraannya kalo ditinggalin sendirian diparkiran.
yaudah, sekian dulu ya gaess byeee.......


EmoticonEmoticon